Sedekah itu Tidak Bisa diremehkan

Sedekah Itu Tidak Bisa diremehkan

Janganlah meremehkan sedekah!! Itulah kata-kata yang perlu disampaikan kepada mayoritas orang terkhusus kaum muslimin, sedekah itu bukan hanya sekedar memberi lalu dilupakan begitu saja, dibalik sedekah ternyata banyak sekali fadhilah-fadhilah yang begitu besar, dengan sedekah itu kita bisa mendapatkan ampunan oleh Alloh SWT, harta kita akan diganti oleh Alloh SWT baik di dunia maupun di akhirat, akan dinaungi oleh Alloh SWT pada hari kiamat dengan sebab sedekahnya.

Menginfakkan harta yang baik lagi halal termasuk amalan yang diagungkan oleh Alloh SWT, sebagaimana sedekah bisa dilakukan oleh anggota badan sedekah juga bisa menggunakan harta yang sedang dimiliki. Maka dari itu Alloh SWT telah mewajibkan zakat sebagai amalan dan zakat termasuk dari rukun islam, zakat adalah memberikan sebagian harta yang jumlahnya telah ditentukan yang pada hakikatnya sebagian harta tersebut adalah hak orang-orang yang membutuhkan.

1. Sedekah adalah sunnah Rosululloh SAW

Jihad bukan hanya berperang walaupun itu adalah puncak dari jihad, membelanjakan harta di jalan Alloh SWT juga termasuk jihad. Hendaknya seseorang tidak meremehkan sedekah meskipun dengan jumlah yang sedikit. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala kelak akan menyelamatkan seseorang dari neraka dengan sebab sedekah separuh kurma. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

فَاتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

Jagalah diri kalian dari neraka meskipun hanya dengan sedekah setengah biji kurma. Barangsiapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik.” (HR. Bukhari no. 1413, 3595 dan Muslim no. 1016)

2. Sedekah anda akan dibalas Alloh SWT

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Barangsiapa yang bersedekah dengan sebutir kurma hasil dari usahanya sendiri yang baik, sedangkan Allah tidak menerima kecuali yang baik saja, maka sungguh Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya lalu mengembangkannya untuk pemiliknya sebagaimana seseorang merawat anak kudanya hingga ia menjadi seperti gunung yang besar.” (HR. Bukhari no. 1410 dan Muslim no. 1014)

Dengan ini kita tidak boleh meremehkan sedekah sedikitpun. Sedekah yang paling utama adalah sedekah yang diberikan kepada keluargannya jika dalam ketaatan kepada Alloh SWT.

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ أَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ  وَاللهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Perumpamaan sedekah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 261).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *