Jl. Kpt. Yusuf No. 61 Sukamantri Tamansari Kab. Bogor
TLP/SMS/WA : 0812-2441-6000
admin@hudacendekia.or.id

Keutaman Puasa Arafah

"Amanah dan Membahagiakan"

Keutaman Puasa Arafah

Puasa Arafah (9 Dzulhijah)

Dapat Menghapuskan Dosa

Puasa merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam islam, terutama jika dilakukan dhari-hari yang telah Allah tentukan keutamaannya untuk melakukan amal saleh, seperti salah satunya adalah pada 9 hari di awal bulan Dzulhijah.

Berikut beberapa keutaman ibadah puasa, dan terkhusus keutamaan ibadah puasa di hari Arafah.

  1. Keutamaan umum ibadah puasa. 

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى

Setiap amalan kebaikan manusia akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat ganjaran, hingga sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman, “Kecuali puasa.  Pahala puasa adalah untuk-Ku. Dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Ia telah meninggalkan syahwat dan makannya karena-Ku.” (HR. Muslim)

Ibadah puasa berbeda dengan amal-amal ibadah lainnya dalam islam dilihat dari sisi pahala yang diberikan, karena ibadah puasa memeiliki pahala yang tak terbatas, hanya Allah yang tahu lipatan-lipatan pahala yang akan diberikan.

  1. Keutamaan Puasa Arafah.

Diantara keutamaan puasa Arafah adalah dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162).

Mengenai pengampunan dosa dari puasa Arafah, para ulama berselisih pendapat. Ada yang mengatakan bahwa yang dimaksud adalah dosa kecil dan ada pula yang berpendapat puasa Arafah dapat menghapuskan dosa kecil maupun besar.

Berikut uraian yang dapat kami sampaikan:

  • Puasa Arafah hanya dapat menghapus dosa kecil saja

Imam Nawawi rahimahullah berpendapat mengenai hadist di Atas, ”Maksudnya dosa-dosa yang terhapus itu adalah dosa kecil.”Bila dia tidak memiliki dosa kecil, diharapkan puasa ini menjadi penyebab meringankan dosa besar yang dia lakukan. Apabila tidak memiliki dosa besar, puasa ini akan menjadi penyebab naiknya derajat dia.  (Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim, 8/51)

  • Puasa Arafah Dapat Menghapus Seluruh Dosa Termasku Dosa Besar

Sedangkan jika melihat dari penjelasan Ibnu Taimiyah rahimahullah, bukan hanya dosa kecil yang diampuni, dosa besar bisa terampuni karena hadits di atas sifatnya umum.[1]

Itulah beberapa penjelasan dari keutamaan puasa di hari Arafah, semoga Allah melapangkan dan memudahkan kita dalam melaksanakannya, kemudian dengan penuh kebahagiaan bisa meraih sekian pahalanya. Aamiin

[1] (Lihat Majmu’ Al Fatawa, 7: 498-500).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim pesan whatsapp