Jl. Kpt. Yusuf No. 61 Sukamantri Tamansari Kab. Bogor
TLP/SMS/WA : 0812-2441-6000
admin@hudacendekia.or.id

JEJAK LANGKAH YHC 2017

"Amanah dan Membahagiakan"

JEJAK LANGKAH YHC 2017

Langkah YHC | Januari-Oktober 2017

                Berlalu sudah detik-detik waktu, kearah  mana kita melangkah kesemuanya adalah takdir dari Allah ta’ala, setiap kehendak bergantung pada setiap izin dari-Nya. Alhamdulillah sungguh bersyukur bagi mereka yang telah Allah izinkan berada dijalan kebenaran mengusung setiap amal salih dan berjuang dalam dakwah ketauhidan.

Alhamdulillah Yayasan Huda Cendekia (YHC) sampai saat ini masih setia berusaha memperjuangkan cita-cita lamanya, yakni mengusung kebahagiaan bersama di dunia hingga kelak disurga.

Ada kemajuan dan ada kemunduran, begitulah realita dakwah, tak semua jalan itu lurus dan mulus, kadang ada kelokan yang berbatu terjal, kadang ada tanjakan yang keras, dan kadang ada turunan yang licin lagi curam.

Suatu kebanggan ditahun 2017 ini dalam bidang pendidikan, kami YHC bekerjasama dengan Ma’had Huda Islami (MHI) berhasil menghantarkan 85 Mahasiswa untuk meraih gelar S1 mereka dalam program Beasiswa Generasi Cendekia, semoga ilmu yang 4 tahun di timba itu dapat bermanfaat dan menjadi ladang pahala bagi setiap orang yang rela memperjuangkan  mereka agar bisa meraih ilmu agama di Ma’had Huda Islami.

saya sangat bersyukur, alhamdulilah diberikan kesempatan untuk berkuliah dan lulus dengan menyandang gelar S.Pd.I., semoga ilmu ini bermanfaat untuk umat islam dan di jalan dakwah ini. terima kasih kepada semua elemen yang sudah memberikan beasiswa terutama kepada donatur yang sudah mendermakan sebagian hartanya. barokallohu fiikum” Ungkap Didin juandi sebagai salah satu peserta wisudawan S1 program beasiswa generasi cendekia 2017.

Berikut data mahasiswa generasi cendekia secara umum dan kebutuhan dana.

Wisudawan 2017Mahasiswa aktifTarget penerimaan 2018Kebutuhan danaDana terpenuhi
85 Wisudawan335 Mahasiswa200 MahasiswaRp. 350.000.00080%

 

Dana di atas mencakup biaya asrama, makan, perkuliahan dan kesehatan. Ust. Alip Purwadi, S.Pd.I, mengatakan Jika dipresentasikan, sebenarnya setiap bulannya MHI masih kekurangan sekitar 20% dari keseluruhan dana yang dibutuhkan yakni sekitar Rp. 70.000.000,- rupiah. Untuk menutupi kekurangan ini, terpaksa sebagian kebutuhan yang tidak terlalu mendesak harus ditunda terlebih dahulu seperti suplemen (penunjang kesehatan ) reparasi bangunan dan lainnya.

Untuk target tahun depan (Tahun 2018), beliau mengatakan jika mengacu kepada program utama maka seperti biasa akan menerima 200 mahasiswa, namun biasanya menjelang penerimaan akan ada rapat untuk menentukan persoalan ini tutur beliau.

                ‘Ala kuli hal program beasiswa generasi cendekia berjalan dengan baik, dengan meluluskan wisudawan-wisudawan penghafal Qur’an, dengan kulitas keilmuan agama yang memadai untuk selanjutnya dapat mengabdi di lingkungan masyarakat, semoga tahun depan program ini dapat berkembang baik dari segi kuantitas mahasiswa maupun kualitas kelimuan yang diajarkan. aamiin

Dalam bidang dakwah umum, YHC  bersama NUN (Nurul Umah Nusantara) menjalankan kegiatan Tabligh Akbar (TA) dan Tebar Buku (TB) alhamdulillah telah berjalan sebagai mana mestinya, yakni 2 kali TA dalam 1 pekan atau 8 kali TA dalam 1 bulan dengan target 96 kali TA dalam 1 tahun. Target tahun ini masih terfokus di daerah bogor meliputi kota dan kabupaten bogor, total jumlah kegiatan TA periode Januari-Oktober 2017 adalah 77 TA.

Berikut data umum kegiatan tabligh akbar dan tebar buku.

Tabligh akbar Januari – Oktober 2017:

TA terlaksanaDaerahKebutuhan danaDana terpenuhiTarget
77 KegiatanBogorRp.5.000.000/1 kali TA60%96 TA/Tahun

 

“Idealnya dana yang dibutuhkan untuk tabligh akbar adalah Rp. 5.000.000,-” ungkap Ust. Sapriyatna Salmani, S.Ud. sebagai ketua umum NUN. Namun saat ini anggaran yang bisa NUN salurkan adalah sekitar Rp. 3.000.000,- (60%) saja untuk tiap satu kegiatan TA, hal ini dikarenakan dana yang NUN peroleh sebagiannya perlu di alokasikan untuk pencetakan buku-buku islami dan panduan untuk para peserta TA.

Tebar Buku Januari – Oktober 2017:

Buku TercetakBuku tersebarTargetKebutuhan DanaDana terpenuhi
9000 Eksemplar7.374 Eksemplar24000 Eksemplar /TahunRp. 120.000.000/Tahun100%

 

Terkait teknik penyebaran buku ini Ust. Sapriyatna Salmani, S.Ud. mengungkapkan  “bahwa penyebaran buku NUN tidak dilakukan secara sporadis (asal sebar) namun di selektif dan di sertai pengkajian materinya sehingga masyarakat selain menerima buku secara gratis juga dapat memahami isi buku dengan baik“. Dengan metode ini maka dana yang dikeluarkan oleh donatur untuk penebaran hidayah lewat buku tidak sia-sia karena buku yang NUN sebar sampai kepada orang yang tepat.

Ust. Sapriyatna Salmani, S.Ud. menuturkan “selama ini gerakan program kita disesuaikan dengan pendanaan yg ada”. Dengan kata lain tidak menutup kemungkinan jika tahun depan pendanaannya meningkat tabligh akbar dan tebar buku bisa melebarkan sayap ke kota-kota lainnya di jawa barat. Semoga cita-cita YHC dan NUN dengan motto “Menebar Hidayah Ke Penjuru Nusantara” lekas Allah izinkan untuk segera terlaksana, Aamiin.

Terakhir, program tebar pangan yatim dan Dhu’afa, YHC bekerjasama dengan YAMUSA (Yayasan Mutiara Surga) pada periode Januari-Oktober 2017 telah sukses menebar bantuan social berupa paket sembako di 6 kota di Jawa barat yakni Bogor, Jakarta, Cianjur, Sukabumi, Garut dan Cirebon.

Berikut data umum kegiatan tebar pangan Yatim dan Dhu’afa Periode Januari-Oktober 2017:

 Lokasi Penyebaran:

  1. Bogor 2. Jakarta 3. Cianjur             4. Sukabumi       5. Garut                6. Cirebon

Data jumlah dan kebutuhan penyebaran bantuan pangan :

Paket TersebarKebutuhan DanaDana TerpenuhiTarget penyebaran
1511 PaketRp. 30.000.000/Bulan37% / Bulan200 Paket/Bulan

 

Dana untuk kegiatan tebar pangan untuk saat ini dapat dikatakan sangat minim yakni dana yang dapat YHC alokasikan setelah dibagi untuk pendanaan kegiatan lain adalah sekitar Rp. 55.000/paket sehingga pangan yang dapat disalurkan hanyalah sebatas kebutuh pokok seperti beras dan minyak goreng saja.

Harapan sih mungkin satu paket itu bisa Rp.150.000,- biar gak cuma beras tapi ada gula , minyak, sarden dll.” Ungkap Doni selaku petugas lapangan program tebar pangan yatim dan dhu’afa. Atau dapat dikatakan kebutuhan ideal untuk tebar pangan ini adalah Rp. 30.000.000 untuk penyaluran 200 paket/bulan.

Semoga kedepannya YHC dan YAMUSA mendapatkan lebih kepercayaan dan kesempatan dari para donatur untuk dapat menyalurkan donasi kepada para fakir, miskin, dhu’afa dan yatim. Aamiin.

seperti itulah 10 bulan perjalanan YHC bersama lembaga mitra bergerak menggapai cita-cita kebahagiaan dunia dan surga, diusung dengan pengorbanan-pengorbanan para donatur yang setia dan rela memberikan kepercayaannya dengan program-program kami.

Tidak ada kesiaan dalam dakwah ini, memang tak dapat diraskan dengan nyata, tapi berkat izin Allah dan jasa-jasa anda, telah terbentuk generasi pemuda yang cinta al-Qur’an dan mengilmui agama,  mungkin tanpa disadari jauh disana, sebab dakwah kita, ada satu orang yang terbuka hatinya dan mulai mengenal iman, mungkin dipelosok kampung jauh disana, di rumah yang kumuh, ada seorang fakir yang sekarang tengah menikmati suapan-suapan nasi dengan penuh rasa syukur dari hasil jerih payah anda.

Mungkin kita luput dengan semua itu, dan memang semoga kita lupa dengan amal baik kita. dan Allah maha tau, ada malaikat yang akan mencatat, yang perlu kita lakukan hanyalah beramal, sedekahkan lalu lupakan, biar kelak Allah yang memberi balasan.

 

Kirim pesan whatsapp