Jl. Kpt. Yusuf No. 61 Sukamantri Tamansari Kab. Bogor
TLP/SMS/WA : 0812-2441-6000
admin@hudacendekia.or.id

Hindarkan Keburukan dengan Sedekah

"Amanah dan Membahagiakan"

Hindarkan Keburukan dengan Sedekah

Hindarkan keburukan dengan sedekah

hudacendekia.or.id | Sedekah memiliki dampak positif bagi pelakunya dalam hal menjaganya dari keburukan dan musibah (hal yang tidak disukai). Diriwayatkan dari Abu Umamah, Rasululloh Sholallohu’alaihi wa sallam bersabda,

“Pelaku kebaikan dapat mencegah kejadian buruk, bersedekah secara rahasia dapat mencegah murka Tuhan, dan silaturahim dapat memperpanjang usia. (HR. Thabrani)

Ibnu Abi Ja’d berkata, “Sedekah menolak 70 pintu keburukan”. Termasuk di antara pengaruh positif dari sedekah adalah menjaga hamba dari mati dalam keadaan yang buruk (su’ul khatimah). Diriwayatkan dari Anas bin Malik, Rasululloh Sholallohu’alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya sedekah meredam murka Tuhan, dan menolak mati dalam keadaan buruk (su’ul khatimah).

Ibnu al-‘Arabi al-Maliki berkata, “Hakikat mati yang buruk adalah mati di jalan maksiat”. Sementara al=Mubarakfuri berkata, “Al-Iraqi berkata, ‘Yang jelas, maksud dari mati dalam keadaan buruk adalah yang diminta oleh Rasululloh agar dijauhkan darinya, yaitu -Mati- dari terkena reruntuhan, jatuh, tenggelam, kebakaran, dan disesatkan setan saat meninggal, dan terbunuh di jalan Alloh saat lari dari medan perang.

Saudaraku, lihatlah keutamaan sedekah, dan dampaiknya pada husnul khatimah (mati yang baik) serta menjaga hamba dari hal-hal yang dibenci dan akibat yang buruk.

Baca Juga: Keutamaan Sedekah Secara Rahasia

Dikutip dari Buku Terjemah dengan Judul: “Dahsyatnya Terapi Sedekah”, Judul Asli: “At-Tadawi bish-Shadaqah”. Ditulis oleh Syaikh Hasan bin Ahmad bin Hasan Hammam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim pesan whatsapp