Jl. Kpt. Yusuf No. 61 Sukamantri Tamansari Kab. Bogor
TLP/SMS/WA : 0812-2441-6000
admin@hudacendekia.or.id

Sedekah secara Rahasia, diantara 7 Golongan yang Dinaungi di Hari Kiamat

"Amanah dan Membahagiakan"

Sedekah secara Rahasia, diantara 7 Golongan yang Dinaungi di Hari Kiamat

7 golongan yang di naungi Alloh

hudacendekia.or.id | Siapa diantara kita yang tidak ingin menjadi salah satu dari 7 Golongan yang dinaungi di hari kiamat? Tentu kita berharap mendapatkan nikmat besar ini dimana tidak ada yang dapat menaungi kita ketika itu kecuali Alloh Subhanahuwata’ala. Diantara golongan yang mendapat naungan adalah orang yang bersedekah secara Rahasia, sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diberikan oleh tangan kanannya.

Sedekah secara Rahasia, diantara 7 Golongan yang Dinaungi di Hari Kiamat

Pada hari Kiamat kelak, setiap orang berkumpul, dan matahari berada dekat di atas kepala manusia, sehingga banyak keringat tercucur sampai menutupi seluruh tubuh manusia. diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasululloh Saw bersabda, Pada Hari Kiamat manusia berkeringat, sampai keringatnya memcapai ke bumi 70 hasta dan menggenangi mereka sampai ke hidung mereka. (HR. Bukhari)

Ibnu Hajar mengomentari hadis ini, “Siapa yang merenungi keadaan Hari Kiamat, niscaya dia mengetahui dahsyatnya perkara menakutkan di dalamnya. hal itu karena api cepat melalap bumi tempat tinggal, dan matahari tepat berada hanya dengan jarak satu mil di atas kepala manusia. Maka bagaimana panasnya bumi saat itu? Bagaimana derasnya keringat tercucur hingga setinggi 70 hasta? Padahal ukuran tinggi setiap orang hanya seukuran kedua kakinya; maka bagaimana keadaan mereka dengan keringat mereka, dan dengan perbedaan keadaan mereka di dalamnya (sesuai amalan)? sesungguhnya kejadian ini mencengangkan akal dan menunjukan keagungan kekuasaan ilahi.”

Dalam keadaan sepe7 Golongan yang Dinaungirti itu, betapa manusia sangat membutuhkan perlindungan. maka sedekah pun datang untuk menaungi dan melindungi pelakunya. Sebagaimana disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan ‘Uqbah bin ‘Amir, dia berkata, aku mendengar Rasululloh Saw bersabda, “Setiap manusia berada pada naungan sedekahnya sampai memisahkan antara manusia. Atau beliau bersabda, sampai diputuskan hukum antar manusia.

Abu Al Khair _ salah seorang perawi hadis ini – akan menyalakan dirinya jika dalam sehari dia tidak bersedekah walaupun dengan kue atau bawang.

dalam hadis lain juga disebutkan tentang tujuh golongan yang berada dalam naungan Alloh di hari tidak ada naungan kecuali naungan-Nya. Di antara tujuh golongan itu adalah, “Seorang yang bersedekah dan merahasiakan sedekah itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui yang diberikan tangan kanannya. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dikutip dari Buku Terjemah dengan Judul: “Dahsyatnya Terapi Sedekah”, Judul Asli: “At-Tadawi bish-Shadaqah”. Ditulis oleh Syaikh Hasan bin Ahmad bin Hasan Hammam.

 

Assalamu'alaikum ☺️ hubungi kami lewat whatsapp!