Sedekah Mensucikan dan Membersikan Diri

sedekah tidak mengurangi harta 28 Dec

Sedekah Mensucikan dan Membersikan Diri

Pada Artikel sebelumnya telah dibahas “Bagaimana Pendapat Ulama Salaf tentang Sedekah“, pada artikel lanjutan ini terkait dengan Manfaat Sedekah dan diambil dari sumber yang sama: Sedekah Mensucikan dan membersihkan Diri.

Manusia adalah tempatnya salah dan Dosa, siapa diantara kita yang tidak pernah berbuat Dosa dan kesalahan? Tentu saja kita semua pastilah pernah melakukan kesalalahan dan dosa baik besar maupun kecil dosa tersebut. Akan tetapi, hal tersebut bukan berarti membuat kita putus asa dengan rahmat Alloh yang luas. Alloh Ta’ala memberikan banyak jalan untuk hamba-hambanya yang ingin memperbaiki diri, diantara jalannya adalah dengan Bersedekah.

Sedekah Mensucikan

Alloh Subhanahuwata’ala berfirman yang artinya:

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) sedekah mensucikan Yayasan Huda Cendekiaketentraman jiwa bagi mereka. Dan Alloh Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. At-Taubah 8:103)

Kalimat membersihkan mereka, bermakna membersihkan dari dosa-dosa mereka dan dari kebakhilan jiwa mereka. sedangkan kalimat mensucikan mereka, yakni mengisyaratkan ada mimbar pemberian keutamaan dan kebaikan untuk mereka, karena sedekah membersihkan dan mensucikan serta menghilangkan keburukan, dan meningkatkan derajat.

Dikutip dari Buku Terjemah dengan Judul: “Dahsyatnya Terapi Sedekah”, Judul Asli: “At-Tadawi bish-Shadaqah”