Puasa Senin Kamis Santri Huda Islami Bogor

Buka Puasa Santri PPND Ma'had Huda ISlami Bogor 12 Dec

Puasa Senin Kamis Santri Huda Islami Bogor

Puasa Senin Kamis Santri Ma'had Huda Islami BogorDari sekian banyak kegiatan para Santri Ma’had Huda Islami yang diprogramkan, Salah satu kegiatan rutin santri Ma’had Huda Islami adalah Puasa Senin Kamis. Meskipun puasa ini sifatnya tidak wajib, akan tetapi para santri cukup antusias mengikuti program yang satu ini.

Selain sangat bermanfaat bagi para penuntut Ilmu dari segi kesehatan, Puasa Senin Kamis merupakan salah satu solusi yang diberikan oleh Rasululloh Sholallohu’alaihi wa sallam bagi para pemuda untuk menahan Syahwat.

Puasa Senin Kamis Santri Ma’had Huda Islami Bogor

Selain itu, dengan program Puasa Senin Kami sini, diharapkan para santri terbiasa dengan Sunnah-sunnah Rasululloh Sholallohu ‘alaihi wa sallam baik ketika kegiatan belajar di ma’had maupun setelah Lulus.

Sekilas Tentang Puasa Senin Kamis

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ
Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.”” (HR. Muslim no. 1151)
Dalam riwayat lain dikatakan,
قَالَ اللَّهُ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلاَّ الصِّيَامَ ، فَإِنَّهُ لِى
Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa. Amalan puasa adalah untuk-Ku”.” (HR. Bukhari no. 1904)
Semoga Alloh berikan keistiqomahan kepada para santri dan berguna di masa mendatang. Aamiin.