Pelatihan DKM dengan Tema “Menjadikan Masjid Sebagai Pusat Peradaban Islam”

DRAMAGA-BOGOR (17/4). Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan yang akan datang kurang dari dua bulan lagi, Huda Cendekia mengadakan Pelatihan Istimewa bagi Dewan Kemakmuran Masjid  dan Aktivis Masjid dengan tema “Menjadikan Masjid Sebagai Pusat Peradaban Islam”. Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini diantaranya adalah tentang bagaimana cara memakmurkan masjid dengan semangat Ramadhan, mengelola kegiatan masjid secara online dan strategi penggalangan dana masjid. Pelatihan dilaksanakan di Masjid Al Iman Kampus STAI Al Hidayah Bogor.

Pelatihan yang dilaksanakan pada hari Ahad 17 April ini dihadiri oleh puluhan peserta yang berasal dari berbagai daerah. Bahkan salah satu peserta yang antusias menghadiri pelatihan yang diselenggarakan oleh Huda Cendekia ini berasal dari Jawa Timur. Kegiatan pelatihan ini didukung oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Institute Fundraising Indonesia (IFI), STAI Al Hidayah dan PPPA Darul Qur’an.

Pemateri dalam kegiatan pelatihan ini terdiri dari empat orang, di antaranya yang pertama adalah Ust. Dr. Rahendra Maya, S.Th.I., M.Pd.I., beliau adalah ketua STAI Al Hidayah sebagai perwakilan dari tuan rumah kegiatan pelatihan. Pemateri selanjutnya adalah Direktur Institute Fundraising Indonesia, ibu Arlina F. Saliman, kemudian materi dilanjutkan oleh Direktur BAZNAS, bapak M. Arifin Purwakananta. Materi terakhir disampaikan oleh Ust. Tarmizi Ashidiq, beliau adalah direktur PPPA Darul Quran. Acara pelatihan ini berakhir pada pukul 15.00 WIB sebelum adzan ‘ashar berkumandang.

Peserta cukup antusias dan bersemangat menyimak materi pelatihan yang disampaikan. Terlihat dari jadwal yang seharusnya berakhir pada pukul tiga sore, mundur menjadi pukul lima sore dikarenakan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan peserta kepada para narasumber yang memang berkompeten di bidangnya. Selain mendapatkan sertifikat, coffee break dan makan siang, beberapa peserta juga mendapatklan doorprize dari sponsor acara. Beberapa manfaat dari kegiatan ini adalah menambah wawasan tentang memaksimalkan peran masjid dalam mengelola potensi jama’ah, memiliki jaringan sinergi kegiatan masjid, optimalisasi kegiatan Ramadhan dan pengelolaan informasi kegiatan masjid secara online melalui Aplikasi Android. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, masyarakat bisa lebih semangat dalam memakmurkan masjid dan menjadikannya sebagai pusat peradaban Islam. Aamiin.

 

Pelatihan DKM dengan Tema “Menjadikan Masjid Sebagai Pusat Peradaban Islam”