Blog

PELATIHAN DAN PELAYANAN PENGURUSAN JENAZAH

TANGGERANG (29-30/3). Salah satu program Huda Cendekia yang bergerak dalam bidang sosial adalah pelatihan dan pelayanan pengurusan jenazah. Mengingat pengurusan jenazah ini tergolong fardhu kifayah dan lebih tinggi derajatnya dari sunnah muakkadah, maka program ini menjadi salah satu program yang dilaksanakan oleh Huda Cendekia . Seluruh kegiatan dalam program ini dilaksanakan oleh sebuah tim dengan nama Markas Pengurusan Jenazah (MPJ).

Kegiatan pelatihan dan pelayanan pengurusan jenazah ini telah dilaksanakan di beberapa kota seperti Bogor, Bekasi dan Sukabumi. Beberapa DKM Masjid, Perusahaan dan Instansi Pemerintah telah mendapat pelatihan seputar tata cara mengurus jenazah sesuai sunnah Rasulullah ﷺ.

Bertepatan dengan hari Rabu tanggal 29 Maret 2016 Tim MPJ Huda Cendekia telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengurusan Jenazah di Hotel Santa Monica Jl. LBC Pancawati Cikereteg Kabupaten Bogor. Peserta pelatihan adalah pegawai Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota (DKPP) Tangerang Selatan dengan jumlah 114 orang. Kegiatan pelatihan pengurusan jenazah juga dihadiri oleh beberapa pejabat penting daerah di antaranya:

  1. Kadis DKPP Tanggerang Selatan
  2. Sekdis DKPP Tanggerang Selatan
  3. Pemakaman DKPP Tanggerang Selatan
  4. Para Kasi di Bid. Pemakaman DKPP Tanggerang Selatan
  5. Utusan dari Kecamatan se-Tanggerang Selatan
  6. Unsur dari Kelurahan se-Tanggerang Selatan
  7. Para Pengelola TPU se-Tanggerang Selatan

Pemateri dalam pelatihan ini yaitu ketua tim MPJ, Ustadz Jum’at Ridwan, S.Ud.. Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah seputar keutamaan bagi yang mengurusi jenazah, tata cara memandikan, mengkafani, mensholati dan menguburkan mayit. Peserta cukup antusias menyimak pemaparan dari pemateri. Metode penyampaian materi yang cukup variatif disertai dengan praktik, membuat peserta mudah memahami apa yang disampaikan.

Semoga dengan adanya pelatihan pengurusan jenazah ini masyarakat menjadi tahu dan mengerti bagaimana cara mengurus jenazah sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ.