Jl. Kapten Yusuf No. 61 Sukamantri, Tamansari, Bogor
0812-2441-6000
admin@hudacendekia.or.id

Keutamaan sedekah untuk penuntut ilmu agama

Keutamaan sedekah untuk penuntut ilmu agama

Semua muslim di tuntut untuk senantiasa menuntut ilmu agama baik itu laki-laki, perempuan, muda, tua, miskin ataupun kaya.

Karena tidak ada keselamatan bagi seorang muslim, tanpa memahami agamanya sendiri, yang didalamnya adalah pemahaman tentang tujuan hidup, jalan hidup, tatacara hidup dan berbagai hal-hal yang harus kita hindari dalam menjalani hidup.

Maka tidaklah aneh, jika Rosul bersabda:

”Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”. (HR. Ibnu Majah)

Karena kunci semua kebahagiaan hidup kita di dunia dan akhirat adalah dengan menuntut ilmu agama.

Namun Tentu saja dalam mencari kunci kebahagiaan ini ada berbagai hal yang mesti dikorbankan untuk mendapatkannya, sebagai mana imam syafii berkata, ada 6 hal yang akan dikorbankan dalam menuntut ilmu. Salah satu diantaranya adalah : Harta.

Dan tidak sedikit saudara kita, adik-adik kita, yang tidak bisa menuntut ilmu agama dengan baik, karena kurangnya harta, tidak melanjutkan study untuk menjadi ahli ilmu agama, karena tidak adanya harta.

Oleh karena itu bagi Anda yang membantu membiayai seseorang untuk menuntu ilmu agama, sama saja dengan Anda telah menyelamatkan kehidupan dunia dan kehidupan akhiratnya. Dan Andapun akan mendapatkan pahala serta balasan dari Allah, sebagaimana “dia” yang Anda biayai untuk menuntut ilmu agama, Allah berikan pahala atas kehidupannya diatas ilmu syar’I.

Rosulullah bersabda :

“Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” [HR. Muslim]

Saudaraku, mungkin saat ini kita tidak punya banyak waktu luang untuk mempelajari detail agama kita, memahami seluruh seluk beluknya untuk kelak bisa kita ajarkan kepada saudara-saudara kita. Namun saat ini Allah tengah beri kita harta yang cukup bahkan lebih. Maka jangan sia-siakan, segeralah sisihkan sebagian untuk bersedekah kepada para penuntut ilmu agama, biarkan mereka yang akan menimba pahala untuk Anda.

Berikut pahala yang akan kita dapat jika kita bersedekah untuk para penuntut ilmu agama :

  1. Pahala sedekah

Beberapa pahala sedekah diantaranya :

  1. Akan menghapuskan dosa.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

  • Mendapatkan naungan di hari akhir

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 1421)

  • Memberi keberkahan pada harta

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

  • Sedekah menjauhkan diri dari api neraka

“jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah” (HR. Al Bukhari)

  • Sedekah dapat memanjangkan umur

Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani).

  • Sedekah menghindarkan dari segala bala (marabahaya)

“Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.”

Dan masih banyak lagi keutmaan sedekah yang akan kita raih.

  • Akan Allah luaskan rizkinya

Rosulullah bersabda :

“Dahulu ada dua orang bersaudara di masa Nabi shallallahu’alaihi wa sallam. Salah satu dari keduanya selalu mendatangi Nabi shallallahu’alaihi wa sallam (untuk menuntut ilmu agama), dan salah satunya lagi sibuk bekerja, maka yang bekerja ini mengadukan saudaranya (yang tidak membantunya bekerja) kepada Nabi shallallahu’alaihi wa sallam, beliau pun bersabda: Bisa jadi engkau diberi rezeki karena saudaramu itu.” (HR. Tirmidzi)

  • Meraih pahala-pahala yang hanya Allah berikan kepada penuntut ilmu.
  1. Pahala jihad dijalan Allah

Menuntut ilmu untuk disebarluaskan kelak, adalah bagian dari jihad dijalan Allah, yakni jihad memerangi kebodohan dan kebatilan, maka dari itu bagi seseorang yang membekali penuntut ilmu akan mendapatkan pahala yang sama sebagaimana para penuntut ilmu dapatkan.

  • Pahala yang terus mengalir hingga hari kiamat

“Jika seorang manusia meninggal, terputuslah amalnya, kecuali dari tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang berdoa untuknya” (HR. Muslim).

Sangat daisayangkan, tidak sedari dulu kita berinvestasi dalam bisnis akhirat ini, bisnis yang telah Allah sediakan dari dulu dengan jaminan janji Allah ta’ala melalui lisan Rosul-Nya yang tak mungkin akan diingkari.

Semoga artikel ini dapat memotivasi kita semua, menginspirasi, serta mengingatkan kita bahwa kehidupan berupa kelapangan harta, kesehatan raga, waktu luang, dan hidayah yang telah nyata dalam benak kita, kita syukuri dengan memanfaatkannya sebaik-baiknya untuk ketaatan kepada Allah ta’ala.

Penulis :

Adi wira S.Pd.I

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat