Jl. Kapten Yusuf No. 61 Sukamantri, Tamansari, Bogor
0812-2441-6000
admin@hudacendekia.or.id

Faedah dan Hikmah Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an & Hadis Nabi

Faedah dan Hikmah Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an & Hadis Nabi

Ada banyak faedah dan hikmah puasa ramadhan yang bia kita jadikan bahan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Baik ditinjau dari segi rohani, jasmani (kesehatan) maupun sosial kemasyarakatan. Faedah puasa ini dapat dinikmati secara langsung di dunia maupun di akhirat kelak.

Tulisan ini kami kelompokkan dalam 4 kategori pokok, yaitu pertama rangkuman al-Qur’an dan hadis Nabi yang menerankan tentang hikmah puasa ramadhan, kedua didikan puasa ramadhan yang diperuntukkan kepada kaum muslimin, ketiga dalil-dali al-Qur’an tentang puasa, dan terkahir dalil-dalil hadis tentang puasa.

Faedah dan Hikmah Puasa Ramadhan Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadis Nabi SAW

  1. Puasa melatih seseorang menjadi penyabar dan tahan marah, bersifat kasih sayang, berakhlak yang mulia dan kuat jiwanya dalam mengekang hawa nafsu sehingga tidak selalu menuruti hawa nafsunya.
  2. Puasa akan meningkatkan ketakwaan seorang muslim.
  3. Puasa akan mengingatkan orang yang kaya betapa besar nikmat Allah yang diberikan kepadanya berupa makanan, minuman ataupun kenikmatan seksual, sebab dalam hal ini tidak semua orang dapat memperolehnya.
  4. Puasa akan menghilangkan sifat sombong dari hati seseorang sehingga ia akan bersikap tawadhu (rendah hati) dan lemah lembut.
  5. Puasa akan menjadikan hati bersih dan lembut, hal ini karena perut yang kekenyangan akan membutakan hati dan susah untuk berpikir dan berdzikir kepada Allah.
  6. Puasa akan mempersempit jalan peredaran darah dalam tubuh karena lapar dan dahaga. Dengan demikian, hal itu akan dapat mempersempit jalan pula jalan setan di dalam tubuh, karena setan berjalan di dalam tubuh menurut peredaran darah.
  7. Puasa akan menyehatkan tubuh karena puasa berarti menyedikitkan makan, mengistirahatkan alat pencernaan sehingga sisa makanan yang membahayakan kesehatan dapat dihancurkan, membersihkan usus-usus, mengurangi kegemukan dan kelebihan lemak di dalam perut.
  8. Puasa akan membiasakan umat Islam untuk hidup disiplin, bersatu, cinta keadilan dan persamaan, juga melahirkan perasaan kasih sayang dalam diri orang-orang beriman dan mendorong mereka berbuat kebajikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat