Jl. Kpt. Yusuf No. 61 Sukamantri Tamansari Kab. Bogor
TLP/SMS/WA : 0812-2441-6000
admin@hudacendekia.or.id

Baginilah Dermawannya Utsman bin ‘Affan Radhiallohu’anhu

"Amanah dan Membahagiakan"

Baginilah Dermawannya Utsman bin ‘Affan Radhiallohu’anhu

Utsman-bin-Affan-Radhiallohu'anhu

Utsman bin ‘Affan adalah seorang sodagar kaya yang Alloh karuniakan sifat dermawan pada hatinya. Berikut kisah bagaimana Dermawannya Ustman bin Affan Radhialllohu’anhu yang tak segan-segan berinfak di jalan Alloh Subhanahuwata’ala.

Kisah Dermawannya Utsman bin ‘Affan Radhiallohu’anhu

Al Hakim meriwayatkan dari ‘Abdurrahman bin Samurah, dia berkata, “Suatu ketika, ‘Utsman bin ‘Affan datang menemui Nabi dengan membawa seribu dinar tatkala Nabi sedang mempersiapkan pasukannya. ‘Utsman menyerahkan uang itu ke pangguan Nabi. Nabi pun menerima uang itu sambil berkata, “Tidak ada bahaya apa pun bagi ‘Utsman setelah aksinya hari ini.” Rasululloh Sholallohu’alaihi wa sallam mengucapkan kalimat itu berulang kali. (HR. Hakim)

Dalam riwayat lain, Rasululloh Sholallohu’alaihi wa sallam berkata kepada ‘Utsman, “Semoga Alloh mengampunimu wahai ‘Utsman atas apa yang engkau rahasiakan, atas apa yang engkau tampakkan, atas apa yang engkau sembunyikan, dan atas apa yang tetap sampai Hari Kiamat datang.”

Ibnu ‘Umar meriwayatkan, Nabi Sholallohu’alaihi wa sallam bersabda, Siapa yang mau membelikan untuk kita sumur ar-rumah lalu menyedekahkannya kepada kaum Muslimin? Semoga Alloh memberinya minum dari kehausan pada Hari Kiamat. Akhirnya, ‘Utsman membeli sumur itu dan menyedekahkannya untuk umat Islam. (HR. Ibnu ‘Adi Ibnu ‘Asakir)

Ibnu Mas’ud bercerita, ‘Suatu ketika, kami berada bersama Nabi dalam sebuah peperangan. Keletihan menimpa para sahabat, sehingga wajah orang-orang beriman terlihat cemberut, sementara wajah orang-orang munafik terlihat ceria. Tatkala Rasululloh Sholallohu’alaihi wa sallam melihat keadaan itu, beliau bersabda, “Demi Alloh, matahari belum akan terbenarm hingga Alloh akan mendatangkan rezeki kepada kalian.”

Usman bin Affan Rahiallohu'anhuMenyadari keadaan itu, “Utsman kemudian membeli empat belas ekor hewan pengangkut lengkap dengan makanan yang diangkut di atasnya. Oleh Utsman, sembilan di antaranya diperuntukan bagi Nabi. Tatkala melihat hal ini Rasululloh bertanya, “Apa ini?”

Para sahabat menjawab, “‘Utsman yang membawa semua ini.”

Keceriaan pun terlihat di wajah Rasululloh, dan wajah orang-orang munafik terlihat cemberut. Aku (Ibnu Mas’ud) milihat Rasululloh mengangkat kedua belah tangannya sehingga ketiaknya yang putih terlihat. Beliau mendoakan untuk ‘Utsman doa yang aku belum pernah mendengar ada orang didoakan seperti itu, baik sebelum kejadian ini ataupun setelahnya. Rasululloh berdoa. Ya Alloh, berikanlah kepada ‘Utsman, Ya Alloh berbuatlah untuk ‘Utsman.” (HR. Thabrani dan Ibnu ‘Asakir).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Assalamu'alaikum ☺️ hubungi kami lewat whatsapp!