130 Mahasiswa Baru PPDN Ikuti Kuliah Ta’aruf di Ma’had Huda Islami

ppdn 28 Jul

130 Mahasiswa Baru PPDN Ikuti Kuliah Ta’aruf di Ma’had Huda Islami

BOGOR (27/7). Sebanyak 130 Mahasiswa Baru yang tergabung dalam Program Beasiswa Pendidikan Da’i Nusantara (PPDN) mengikuti pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan yang dikemas dalam kegiatan Kuliah Ta’aruf Tahun Akademik 2017-2018. Kegiatan digelar di kampus Ma’had Huda Islami – Kota Bogor dan sudah berlangsung sejak awal bulan Juli lalu.

Pimpinan Ma’had Huda Islami, Ust. Supendi, S.Sy. mengatakan bahwa kegiatan kuliah ta’aruf tersebut dilakukan untuk memberikan pengenalan bagi mahasiswa baru terkait kegiatan pembelajaran di kampus.

“Dalam kegiatan Kuliah Ta’aruf ini, para mahasiswa akan diberikan pengetahuan mengenai pedoman akademik, bagaimana pola belajar di ma’had dengan materi keagamaan yang lebih dominan. Selain itu, selama masa kuliah ta’aruf sebelum pembelajaran formal dimulai, nantinya mahasiswa akan diberikan wawasan keilmuan melalui stadium general, semacam kuliah umum keagamaan sebagai pondasi dasar pemahaman keislaman mereka, dan nantinya mereka pun akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan di kampus ini, sehingga terasa eksistensi program kita disini dan mereka pun merasakan” tambahnya.

Selama pengenalan tersebut, para mahasiswa juga mendapatkan pengetahuan mengenai program studi yang akan mereka ambil, dalam hal ini Huda Cendekia bekerja sama dengan STAI AL Hidayah Bogor menyediakan Program Studi MPI (Manajemen Pendidikan Islam), dalam kesempatan kuliah Ta’aruf ini Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) STAI Al Hidayah Bogor Dr, M. Hidayat Ginanjar, M.Pd.I. dan Ketua Prodi PAI Dr. Unang Wahidin, M.Pd.I. berkolaborasi sebagai narasumber menjelaskan alur program studi terkait secara rinci.

Sementara itu, data mahasiswa terupdate (27/7) yang terjaring dari panitia penerimaan mahasiswa baru memaparkan kenaikan dari tahun lalu jumlah mahasiswa yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia, data tersebut didominasi mahasiswa dari pulau jawa, selebihnya dari beberapa provinsi diluar jawa. Data terbaru dari panitia masa ta’aruf mahasiswa baru di kampus Ma’had Huda Islami hari ini total mahasiswa sejumlah 130 orang dari target awal 200 calon mahasiswa.

“Sampai akhir bulan Juli ini panitia masih membuka kesempatan untuk mengisi kekosongan kursi yang tersisa, dan dipersilahkan jika ada calon pelamar yang akan mendaftar Insya Allah kami terima, penerimaan calon mahasiswa melewati akhir bulan ini akan kami proses untuk penerimaan di tahun berikutnya dan Alhamdulillah, suatu amanah yang besar bagi kami karena jumlah santri baru tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya”.

Selamat dan sukses atas diterimanya calon mahasiswa baru di Program Beasiswa Pendidikan Da’i Nusantara (PPDN). Mudah-mudahan menjadi generasi penerus bangsa dan agama dan semoga mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah pun dapat mengenal baik satu sama lain serta mengikuti program perkuliahan dengan serius. [Red]

ByHuda Cendekia

Lembaga Penerima dan Penyalur Dana Zakat, Wakaf, Infaq dan Sodaqoh (ZISWAF)